5 Tips Pemakaian Popok Sekali Pakai pada Bayi Newborn

Bayi baru lahir atau newborn memiliki lapisan kulit yang masih begitu tipis. Hal ini menyebabkan kulitnya begitu rentan terkena iritasi. Jika orang tua ingin menggunakan popok satu kali pakai atau diapers pada si kecil, maka penting sekali untuk memperhatikan masalah ini. Pastikan penggunaan diapers tidak menyebabkan gangguan kesehatan kulit si kecil.

Penggunaan Diapers Newborn

Tak bisa dipungkiri bahwa pemakaian diapers memang sangat membantu orang tua dalam merawat anaknya. Jauh lebih simple digunakan dan hemat tenaga. Namun pastikan untuk memakainya dengan cara yang tepat. Berikut adalah beberapa tips penggunaan diapers pada bayi baru lahir:

1.                 Pilih Produk yang Tepat

Tips pertama, Anda harus memilih produk diapers yang tepat. Gunakan diapers yang memang dikhususkan untuk newborn atau bayi baru lahir. Biasanya di kemasan produk sudah tertera keterangan usia bayi. Tipe diapers untuk newborn umumnya memiliki tekstur yang sangat lembut dan memang sesuai dengan kulit bayi baru lahir.

2.                 Ganti Maksimal 4 Jam Sekali

Usahakan untuk mengganti diapers maksimal 4 jam sekali. Jika Anda membiarkan diapers dipakai terlalu lama maka bakteri akan berkembang biak di area vital si kecil. Diapers yang dipakai terlalu lama juga umumnya menyebabkan iritasi seperti ruam karena situasi di area pantat terlalu lembab.

3.                 Jaga Kebersihan

Anda harus menjaga kebersihan area vital jika ingin memakaikan popok satu kali pakai kepada bayi baru lahir. Selain sering mengganti diapers, Anda juga disarankan untuk membersihkan area kemaluan si kecil. Gunakan kapas dan air hangat untuk membasuh bagian vital saat Anda mengganti diapers. Pastikan pantat dan sekitarnya sudah dalam kondisi kering saat Anda memakaikan diapers baru.

4.                 Sesuaikan Ukuran

Pilihlah diapers yang ukurannya paling sesuai dengan bayi newborn. Perhatikan label pada kemasan, dan pilih ukuran khusus newborn. Namun pada kondisi tertentu ada bayi yang bobotnya lebih berat daripada bayi newborn pada umumnya. Jika hal ini terjadi, maka sesuaikan saja dengan ukuran tubuh bayi agar terasa nyaman dan mencegah kebocoran.

5.                 Berikan Waktu Jeda Pemakaian

Meskipun memakai diapers setiap hari, cobalah untuk memberikan jeda waktu pemakaian. Sesekali biarkan kulit bayi bernapas dan jangan dipakaikan diapers terlebih dahulu. Ini bisa Anda lakukan beberapa saat sebelum si kecil dimandikan. Waktu jeda ini diberikan agar kulit si kecil tidak selalu tertutup diapers sepanjang waktu.

 

Penggunaan popok pada bayi newborn memang harus dilakukan dengan hati-hati. Apalagi jika Anda memutuskan untuk memakai popok sekali pakai. Jangan sampai teledor dan menyebabkan muncul iritasi pada kulit lembut bayi. Apabila muncul iritasi, biasanya bayi akan rewel karena merasa tidak nyaman. Hentikan dulu pemakaian popok kemudian oleskan krim ruam untuk menyembuhkan iritasi.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.